Tutorial Blender #05 - Chair Modelling
Blender adalah software 3D yang berfungsi untuk melakukan modeling 3D dan animasi. Output pada blender bisa digunakan untuk membuat film animasi atau dijadikan bagian dari asset game.
Dalam tutorial kali ini, kita akan membuat kursi sederhana menggunakan blender 2.80 dan mempelajari beberapa konsep dasar modeling 3D pada blender.
Langkah pertama buka aplikasi Blender
Resize Cube pada sumbu Z
Tipiskan cube menjadi seperti berikut
Selanjutnya masuk ke EDIT MODE
Tekan CTRL+R (Loop Cut) sehingga muncul lingkaran kuning pada Cube
Arahkan mouse ke tengah-tengah, dan klik kiri
Lakukan hal yang sama untuk arah horizontal
Selanjutnya pilih 2 Vertec (titik) di ujung salah satu cube
Klik X dan pilih delete Vertec
Jika tidak ada kesalahan hasilnya akan seperti ini
Lakukan hal yang sama pada 2 poligon lainnya sampai menjadi seperti ini
Selanjutnya tambahkan MODIFIER MIRROR
Tampilannya akan menjadi seperti ini (karena defaultnya sumbu X)
Selanjutnya tambahkan Mirror 1 kali lagi
Tapi untuk mirror yang ini, centang Sumbu Y
Atur Clipping agar hasil modifiernya rapat
Selanjutnya tekan CTRL+R (Loopcut) lagi dan potong agak di sudut
Bentuk kotak kecil ini akan menjadi kaki kursi
Atur tampilan sehingga kita bisa melihat bagian bawah Cube
Pilih Select FACE dan pilh bagian kotak kecil pada Cube
Tekan E atau tombol Extrude di sebelah kiri sidebar
Tariiiik terus sampai ke bawah. Karena menggunakan mirror, narik satu kaki, 3 sisa mesh lainnya akan mengikuti
Selanjutnya lakukan modifikasi sedikit pada pangkal kaki kursi
Pilih salah satu Vertec
Tarik menggunakan Translate
Dengan cara yang sama lakukan untuk kaki sebelahnya
Sip! Sampai tahap ini sudah menyerupai kursi bukan?
Selanjutnya klik APPLY pada Modifier Mirror (Mesti masuk Objek Mode dulu). Sampai bagian yang dimirror hilang dan menjadi mesh sepenuhnya
Selanjutnya seleksi bagian belakang mesh Cube
Ta-da. Sampai tahap ini, anda sudah berhasil membuat kursi
Comments
Post a Comment