Tutorial Blender #02 - Camera Rendering
Blender adalah software 3D yang berfungsi untuk melakukan modeling 3D dan animasi. Output pada blender bisa digunakan untuk membuat film animasi atau dijadikan bagian dari asset game.
Dalam tutorial kali ini, kita akan menggunakan blender versi 2.80 dengan tujuan untuk memahami konsep kamera dan rendering pada blender.
Langkah pertama buatlah file baru dengan Blender
Dalam tutorial kali ini, kita akan menggunakan blender versi 2.80 dengan tujuan untuk memahami konsep kamera dan rendering pada blender.
Langkah pertama buatlah file baru dengan Blender
Delete objek Cube dengan menekan tombol X
Pilih objek Monkey dari file Add > Mesh
Monyet ini bernama Suzzanee dan merupakan salah satu maskot Blender
Tambahkan material pada Suzzane
Pastikan anda berhasil melihat perubahan warnanya pada viewport
Selanjutnya kita akan mengekplorasi salah satu menu penting dalam Blender yaitu mengubah arah pandangan mata kita di Scene menggunakan menu View > Viewport
Ini adalah pandangan atas
Ini adalah pandangan depan
Ini adalah pandangan samping
Hal terpenting dalam tutorial ini adalah MENYAMAKAN posisi mata kita seperti yang terlihat pada Scene dengan apa yang terlihat oleh Camera utama blender. Anda bisa mengakses menu View > Viewport > Camera atau dengan menekan tombol 0
Ini adalah hasilnya. Kotak ORANGE adalah viewport milik Blender
Tekan tombol N atau klik menu Transform di pojok kanan atas (Berbentuk ujung panah kecil ke arah kiri)
Pilih menu View dan centang Lock Camera To View
Jika viewport sudah berwarna MERAH berarti langkah anda sudah benar. Geser kamera sesuai dengan kebutuhan anda.
Tekan F12 untuk melakukan render. Hm, agak gelap ya?
Geser objek LIGHT di dekatmuka Suzzane. Objek light berbentuk seperti tiang lampu yang digambar oleh anak kecil yang sedang iseng
Selanjutnya klik tombol MODIFIER di side bar kanan (bentuk iconnya seperti kunci pas)
Klik Add Modifier dan pilih Subdivision Surface
Objek dasar Suzzanee merupakan Lowpoly sehingga tampilannya kurang mulus. Kita bisa menambahkan polygon dengan menambahkan jumlah Viewportnya.
Render sekali. Nah, bentuknya sudah lumayan kan? Sekian tutorial hari ini, dan semoga bermanfaat
Comments
Post a Comment