MDA Framework
Dalam permainan desain
mekanika-kerangka Dynamics-estetika (MDA) adalah alat yang digunakan untuk
menganalisis permainan. Ini formalizes konsumsi permainan dengan memecah mereka
menjadi tiga komponen: Mekanika, dinamika dan estetika. Tiga kata ini telah
digunakan secara informal selama bertahun-tahun untuk menggambarkan berbagai
aspek permainan, tetapi kerangka MDA menyediakan definisi yang tepat untuk
istilah ini dan berusaha untuk menjelaskan bagaimana mereka berhubungan satu
sama lain dan mempengaruhi pengalaman pemain.
- Mekanik adalah komponen dasar dari
permainan-aturan, setiap tindakan dasar pemain dapat mengambil dalam
permainan, algoritma dan struktur data dalam mesin permainan dll.
- Dinamika adalah perilaku run-time dari mekanika
yang bekerja pada input pemain dan "bekerja sama" dengan mekanik
lain.
- Estetika adalah tanggapan emosional yang
ditimbulkan dalam pemain.
Ada delapan jenis estetika seperti yang
dinyatakan oleh Hunicke, LeBlanc dan Zubek:
1.
Sensasi (permainan sebagai kenikmatan):
pemain mengalami sesuatu yang tidak familier.
2.
Fantasy (game sebagai make-percaya): dunia
imajiner.
3.
Narasi (permainan sebagai drama): sebuah
cerita yang mendorong pemain untuk terus datang kembali
4.
Tantangan (permainan sebagai rintangan
saja): mendesak untuk menguasai sesuatu. Meningkatkan replayability permainan.
5.
Fellowship (game sebagai kerangka sosial):
sebuah komunitas di mana pemain adalah bagian aktif dari itu. Hampir eksklusif
untuk game multiplayer.
6.
Discovery (game sebagai wilayah yang belum
dipetakan): mendesak untuk menjelajahi dunia permainan.
7.
Ekspresi (game sebagai penemuan diri):
kreativitas sendiri. Misalnya, membuat karakter menyerupai avatar pemain
sendiri.
8.
Submission (permainan sebagai hobi):
koneksi ke Permainan, secara keseluruhan, meskipun kendala.
Makalah ini berusaha
untuk menentukan istilah yang lebih baik seperti ' gameplay ' dan '
menyenangkan ', dan memperluas Kosakata studi permainan, menunjukkan taksonomi
non-lengkap dari delapan jenis permainan yang berbeda. Kerangka ini menggunakan
definisi ini untuk menunjukkan memberikan insentif kepada dan disinsentiving
properti dari dinamika yang berbeda pada delapan subkategori penggunaan game.
Dari perspektif
perancang, mekanika menghasilkan dinamika yang menghasilkan estetika. Hubungan
ini menimbulkan tantangan bagi perancang permainan karena mereka hanya mampu
mempengaruhi mekanika dan hanya melalui mereka dapat menghasilkan dinamika yang
bermakna dan estetika untuk pemain. Perspektif pemain adalah sebaliknya. Mereka
mengalami permainan melalui estetika, yang menyediakan dinamika permainan, yang
muncul dari mekanika.
Sumber:
https://en.wikipedia.org/wiki/MDA_framework
Comments
Post a Comment