MDA Framework



Dalam permainan desain mekanika-kerangka Dynamics-estetika (MDA) adalah alat yang digunakan untuk menganalisis permainan. Ini formalizes konsumsi permainan dengan memecah mereka menjadi tiga komponen: Mekanika, dinamika dan estetika. Tiga kata ini telah digunakan secara informal selama bertahun-tahun untuk menggambarkan berbagai aspek permainan, tetapi kerangka MDA menyediakan definisi yang tepat untuk istilah ini dan berusaha untuk menjelaskan bagaimana mereka berhubungan satu sama lain dan mempengaruhi pengalaman pemain.

  • Mekanik adalah komponen dasar dari permainan-aturan, setiap tindakan dasar pemain dapat mengambil dalam permainan, algoritma dan struktur data dalam mesin permainan dll.
  • Dinamika adalah perilaku run-time dari mekanika yang bekerja pada input pemain dan "bekerja sama" dengan mekanik lain.
  • Estetika adalah tanggapan emosional yang ditimbulkan dalam pemain.

Ada delapan jenis estetika seperti yang dinyatakan oleh Hunicke, LeBlanc dan Zubek:

1.     Sensasi (permainan sebagai kenikmatan): pemain mengalami sesuatu yang tidak familier.
2.     Fantasy (game sebagai make-percaya): dunia imajiner.
3.     Narasi (permainan sebagai drama): sebuah cerita yang mendorong pemain untuk terus datang kembali
4.     Tantangan (permainan sebagai rintangan saja): mendesak untuk menguasai sesuatu. Meningkatkan replayability permainan.
5.     Fellowship (game sebagai kerangka sosial): sebuah komunitas di mana pemain adalah bagian aktif dari itu. Hampir eksklusif untuk game multiplayer.
6.     Discovery (game sebagai wilayah yang belum dipetakan): mendesak untuk menjelajahi dunia permainan.
7.     Ekspresi (game sebagai penemuan diri): kreativitas sendiri. Misalnya, membuat karakter menyerupai avatar pemain sendiri.
8.     Submission (permainan sebagai hobi): koneksi ke Permainan, secara keseluruhan, meskipun kendala.
Makalah ini berusaha untuk menentukan istilah yang lebih baik seperti ' gameplay ' dan ' menyenangkan ', dan memperluas Kosakata studi permainan, menunjukkan taksonomi non-lengkap dari delapan jenis permainan yang berbeda. Kerangka ini menggunakan definisi ini untuk menunjukkan memberikan insentif kepada dan disinsentiving properti dari dinamika yang berbeda pada delapan subkategori penggunaan game.

Dari perspektif perancang, mekanika menghasilkan dinamika yang menghasilkan estetika. Hubungan ini menimbulkan tantangan bagi perancang permainan karena mereka hanya mampu mempengaruhi mekanika dan hanya melalui mereka dapat menghasilkan dinamika yang bermakna dan estetika untuk pemain. Perspektif pemain adalah sebaliknya. Mereka mengalami permainan melalui estetika, yang menyediakan dinamika permainan, yang muncul dari mekanika.

Sumber:
https://en.wikipedia.org/wiki/MDA_framework


Comments

Popular posts from this blog

Tutorial Blender #07 - Rigging & Bone Animation

Menggunakan berbagai fungsi di POSTMAN

Membuat Karakter Berjalan di Construct 2