Tutorial Blender #01 - Standard Mesh






Tutorial Blender - Standard Mesh

Assalamu'alaikum wr. wb

Dalam tutorial kali ini, kita akan menggunakan blender versi 2.80 dengan tujuan untuk memahami konsep dasar pembuatan model 3D pada blender. Blender adalah software 3D yang berfungsi untuk melakukan modeling 3D dan animasi. Output pada blender bisa digunakan untuk membuat film animasi atau dijadikan bagian dari asset game.

langkah pertama buka aplikasi blender seperti pada gambar dibawah ini




Objek pertama yang tampil di Blender adalah objek Cube


Dalam Blender versi terbaru, anda bisa memilih objek menggunakan KLIK KIRI


Anda bisa menggunakan KLIK TENGAH untuk memutari objek


Anda bisa menekan tombol X untuk delete object


Untuk menambah objek anda bisa klik menu (baris kedua) di atas VIEW > MESH


Untuk setiap objek terdapat tool box (SIDE BAR KIRI) yang bisa digunakan untuk memanipulasi Transform pada objek anda


Transform Position adalah untuk mengubah posisi



Transform Rotation adalah untuk mengubah rotasi



Transform Scale adalah untuk mengubah skala



Cobalah untuk bereksplorasi dan menambahkan objek-objek lainnya



Untuk menambah warna pada setiap objek anda dapat menambahkan MATERIAL




Tombol MATERIAL terletak di sidebar KANAN (posisi kanan sebelah bawah)



Klik tombol NEW


Lalu ganti warnanya sesuai dengan keinginan anda


Jika warna tidak berubah, berarti anda sedang berada pada mode Solid Mode. Ganti menjadi Look Dev mode dengan klik simbol Lingkaran di menu POJOK KANAN ATAS (Sebelah kiri Sidebar kanan)


Lakukan hal yang sama untuk semua objek


Klik tombol NEW

Lalu ganti warnanya sesuai dengan keinginan anda



Atur susunannya sesuai dengan kebutuhan




Selesai! Sampai sini anda baru saja membuat scene 3D pertama anda dengan menggunakan beberapa game object standar :)

Comments

Popular posts from this blog

Tutorial Blender #07 - Rigging & Bone Animation

Membuat Karakter Berjalan di Construct 2

PHP Request Header Menggunakan Postman