Tutorial Blender #07 - Rigging & Bone Animation
Blender adalah software 3D yang berfungsi untuk melakukan modeling 3D dan animasi. Output pada blender bisa digunakan untuk membuat film animasi atau dijadikan bagian dari asset game.
Dalam tutorial kali ini, kita akan membuat rigging sederhana pada Blender.
Pertama-tama buatlah aplikasi baru pada Blender
Masuk ke Edit Mode
Pilih Face Selection dan klik bagian atas Cube
Tekan E (Extrude) dan naikkan ke atas
Lakukan 4 kali Extrude sampai Cube memiliki 4 segmen
Kembali ke Object Mode. Beres.
Rigging
Selanjutnya tambahkan Armature
Nggak keliatan euy soalnya defaultnya ada di tengah di dalam Cube. Tekan Z dan pilih Wireframe
Nah, mode ini akan membuat kita bisa melihat ala Superman
Cari Bonenya
Scale sesuai dengan ukuran 1 Segmen Cube
Habis itu masuk ke Edit Mode
Klik bagian ujungnya
Tekan E (Extrude) dan buat duplikat beberapa kali
Sampai jumlahnya sama dengan segmen pada Cube
Sip! Sampai sini Mesh beres, bone juga beres
lik menu Object > Parent > With Automatic Weights (Awas! Screen Shotnya hoax - Mestinya menu yang atasnya, hehehe)
Nah, sampai sini beres.
Selanjutnya pindah ke Pose Mode.
Coba gerakan Bonenya, jika Meshnya ikut berarti sudah benar
Masuk ke shader mode (biar meshnya kelihatan)
Hm, agak susah nih ngeditnya. Masuk dulu deh ke Object Mode
Klik Bone
Cari diproperty sebelah kanan dan Centang In Front
Fungsi itu berfungsi supaya Bone kelihatan meski ada mesh. Kita bener2 jadi Superman nih.
Bone Animation
Oke, sekarang kita akan bikin animasi. Caranya, buat dulu pose yang anda ingikan pada bone + Mesh. Setelah itu Select semua Bonenya, Klik + Shift. Kemudian tekan I dan pilih LocRotScale.
Pindah ke Keyframe selanjutnya. Ubah pose, dan LocRotScale lagi.
Pindah ke Keyframe selanjutnya. Ubah pose, dan LocRotScale lagi.
Pindah ke Keyframe selanjutnya. Ubah pose, dan LocRotScale lagi.
Setelah selesai, uji hasil animasi anda (yang pastinya gajenya super parah itu) dengan klik pelan-pelan pada Timeline
Geser terus. Hmm, ancur
Geser lagi. Wadaaw, makin nggak jelas.
Oke gpp. Next, aktifkan kamer dan Lock Camera View
Atur output Path dan jangan lupa tipe filenya jadi AVI JPEG
Klik menu Render > Render Animation
Tunggu beberapa saat. Sampai film animasi super gaje-nya selesai. Yeeey!
Dalam tutorial kali ini, kita akan membuat rigging sederhana pada Blender.
Pertama-tama buatlah aplikasi baru pada Blender
Masuk ke Edit Mode
Pilih Face Selection dan klik bagian atas Cube
Tekan E (Extrude) dan naikkan ke atas
Lakukan 4 kali Extrude sampai Cube memiliki 4 segmen
Kembali ke Object Mode. Beres.
Rigging
Selanjutnya tambahkan Armature
Nggak keliatan euy soalnya defaultnya ada di tengah di dalam Cube. Tekan Z dan pilih Wireframe
Nah, mode ini akan membuat kita bisa melihat ala Superman
Cari Bonenya
Scale sesuai dengan ukuran 1 Segmen Cube
Habis itu masuk ke Edit Mode
Klik bagian ujungnya
Tekan E (Extrude) dan buat duplikat beberapa kali
Sampai jumlahnya sama dengan segmen pada Cube
Sip! Sampai sini Mesh beres, bone juga beres
lik menu Object > Parent > With Automatic Weights (Awas! Screen Shotnya hoax - Mestinya menu yang atasnya, hehehe)
Nah, sampai sini beres.
Selanjutnya pindah ke Pose Mode.
Coba gerakan Bonenya, jika Meshnya ikut berarti sudah benar
Masuk ke shader mode (biar meshnya kelihatan)
Hm, agak susah nih ngeditnya. Masuk dulu deh ke Object Mode
Klik Bone
Cari diproperty sebelah kanan dan Centang In Front
Fungsi itu berfungsi supaya Bone kelihatan meski ada mesh. Kita bener2 jadi Superman nih.
Bone Animation
Oke, sekarang kita akan bikin animasi. Caranya, buat dulu pose yang anda ingikan pada bone + Mesh. Setelah itu Select semua Bonenya, Klik + Shift. Kemudian tekan I dan pilih LocRotScale.
Pindah ke Keyframe selanjutnya. Ubah pose, dan LocRotScale lagi.
Pindah ke Keyframe selanjutnya. Ubah pose, dan LocRotScale lagi.
Pindah ke Keyframe selanjutnya. Ubah pose, dan LocRotScale lagi.
Setelah selesai, uji hasil animasi anda (yang pastinya gajenya super parah itu) dengan klik pelan-pelan pada Timeline
Geser terus. Hmm, ancur
Geser lagi. Wadaaw, makin nggak jelas.
Oke gpp. Next, aktifkan kamer dan Lock Camera View
Atur output Path dan jangan lupa tipe filenya jadi AVI JPEG
Klik menu Render > Render Animation
Tunggu beberapa saat. Sampai film animasi super gaje-nya selesai. Yeeey!
Comments
Post a Comment