Pergerakan dan Animasi Karakter menggunakan Construct 2
Assalamualaikum Wr.Wb
Untuk tutorial kali ini saya hanya fokus pada mekanik pergerakan dan animasi karakter seperti Idle, Walk dan Attack. Saya sarankan untuk membuka artikel saya sebelumnya mengenai Idle Walk atau Character Movement.
Langkah pertama buat project baru
Pada project baru masukan sprite atau image tiles sebagai background game. Disini saya manggunakan image tiles sebagai backround.
Masukan Tiled Background seperti yang kalian inginkan. Kalian juga bisa menambahkan sprite yang lain untuk menambah parafernalia pada game kalian. Dan ubah height pada layout sama dengan height pada view. Disini saya ubah menjadi 480.
Tambahkan behaviour solid pada objek yang diberi mark warna merah dan behaviour jump-thru pada objek yang diberi mark hijau
Selanjutnya masukan karakter dengan cara Klik kanan => insert new object => Sprite
Klik kanan pada animation frames => import frames => from files
Pilih semua image bernama “Idle” dari karakter yang telah kalian download
Jika frame telah termuat, selanjutnya hapus frame kosong yang berisi blank sehingga semua frame berisi animasi karakter.
Ubah nama animations menjadi “Idle”
Ubah Frame speed menjadi 10
Play game untuk mengetes apakah animasi nya berjalan.
Selanjutnya tambahkan behaviour Platform dan Scroll To pada karakter. Scroll To berfungsi untuk mengubah view mengikuti player.
Tambahkan animasi Walk dan Attack seperti cara diatas. Lalu ubah frame speed menjadi 10 dan enable loop dengan mengubah menjadi yes.
Masukan objek Keyboard agar game bisa menerima input dari keyboard
Sekarang kita akan mencoba memasukan event pada karakter
Selanjutnya masukan action pada event yang telah dibuat
Coba kalian play. Maka karakter akan bisa berjalan namun animasi Walk masih terus looping. Sekarang kita coba buat event untuk memberhentikan animasi Walk.
Sekarang coba play untuk mengecek action move yang telah dibuat. Maka karakter akan berjalan semestinya. Selanjutnya kita akan memasukan event untuk attack.
Sekarang kita buat action dari event diatas
Sekarang masukan sprite baru dengan behaviour bullet untuk amunisi attack
Buat sprite baru untuk menjadi lawan dari karakter.
Selanjutnya kita akan menambah action dari event yang telah barusan dibuat.
Selanjutnya kita akan menambah action dari event yang telah barusan dibuat.
Untuk tutorial kali ini saya hanya fokus pada mekanik pergerakan dan animasi karakter seperti Idle, Walk dan Attack. Saya sarankan untuk membuka artikel saya sebelumnya mengenai Idle Walk atau Character Movement.
Langkah pertama buat project baru
Pada project baru masukan sprite atau image tiles sebagai background game. Disini saya manggunakan image tiles sebagai backround.
Masukan Tiled Background seperti yang kalian inginkan. Kalian juga bisa menambahkan sprite yang lain untuk menambah parafernalia pada game kalian. Dan ubah height pada layout sama dengan height pada view. Disini saya ubah menjadi 480.
Selanjutnya masukan karakter dengan cara Klik kanan => insert new object => Sprite
Klik kanan pada animation frames => import frames => from files
Pilih semua image bernama “Idle” dari karakter yang telah kalian download
Jika frame telah termuat, selanjutnya hapus frame kosong yang berisi blank sehingga semua frame berisi animasi karakter.
Ubah nama animations menjadi “Idle”
Ubah Frame speed menjadi 10
Play game untuk mengetes apakah animasi nya berjalan.
Selanjutnya tambahkan behaviour Platform dan Scroll To pada karakter. Scroll To berfungsi untuk mengubah view mengikuti player.
Tambahkan animasi Walk dan Attack seperti cara diatas. Lalu ubah frame speed menjadi 10 dan enable loop dengan mengubah menjadi yes.
Masukan objek Keyboard agar game bisa menerima input dari keyboard
Sekarang kita akan mencoba memasukan event pada karakter
Selanjutnya masukan action pada event yang telah dibuat
Coba kalian play. Maka karakter akan bisa berjalan namun animasi Walk masih terus looping. Sekarang kita coba buat event untuk memberhentikan animasi Walk.
Sekarang coba play untuk mengecek action move yang telah dibuat. Maka karakter akan berjalan semestinya. Selanjutnya kita akan memasukan event untuk attack.
Sekarang kita buat action dari event diatas
Sekarang masukan sprite baru dengan behaviour bullet untuk amunisi attack
Buat sprite baru untuk menjadi lawan dari karakter.
Selanjutnya kita akan menambah action dari event yang telah barusan dibuat.
Selanjutnya kita akan menambah action dari event yang telah barusan dibuat.
Selesai Selanjutnya kita coba jalankan
Sekian Tutorial kali ini. Mohon maaf bila ada kesalahan.
Wasalamuallaikum Wr.Wb
Comments
Post a Comment